Sisi Lain Tentang Vietnam Selatan yang Mungkin Anda Tidak Ketahui


Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Vietnam Selatan?

Sebagian Anda mungkin akan teringat Saigon atau Ho Chi Minh City, atau mungkin SEA Games 2003. Atau mungkin juga bengong… hehehe. Bagi yang backpacker mungkin yang terlintas adalah Ben Than Market, tempat belanja oleh-oleh murah meriah di Saigon.

16 – 20 Agustus 2014, saya dan kawan-kawan di Program Magister Petroleum Geoscience, UGM berkesempatan mengunjungi Vietnam Selatan. Bukan untuk belanja di Ben Than Market atau melihat venue bekas pelaksanaan SEA Games, melainkan melihat batu.

Apa?

Batu?

Yup, batu.

Tepatnya lagi kami melakukan field trip Regional Geology of South Vietnam and Fractured Basement Reservoir, yang di organisir oleh Biro Kursus IAGI. Field trip menyusuri singkapan sepanjang pantai Vietnam Selatan sampai ke Phan Thiet di daerah Vietnam Selatan bagian Utara. Selama field trip kami didampingi oleh Prof. Dr. Trinh Van Long sebagai instruktur, Dr. Jarot Setyowiyoto sebagai pembimbing dari UGM, dan Pak Hari dari Biro Kursus IAGI.

Umumnya, reservoar minyak dan gas bumi ditemukan di batuan sedimen seperti batu pasir atau karbonat. Hanya sebagian kecilnya diluar batuan tersebut, termasuk di cekungan Cuu Long Basin khususnya di lapangan Tiger. Di lapangan ini, reservoar minyak ditemukan di rekahan batuan dasar (fractured basement) yang diperirakan memiliki cadangan lebih dari 1,5 milyar barrel oil. Produksi minyak per harinya sekitar 250-280 ribu barrel. Lapangan minyak yang ditemukan sekitar tahun 1987-an itu sampai sekarang masih menjadi lapangan paling produktif dan terbesar di Vietnam.

Kami bertolak ke Ho Chi Minh menumpang pesawat Lion Air yang transit sesaat di Singapura. Cuaca yang cukup cerah menyambut kedatangan kami. Pak Hari dan panitia dari IAGI telah menanti di bandara beserta bus yang siap mengantar kami untuk bersantap siang dahulu di sebuah restoran muslim. Soal makanan ini memang sesuatu yang mesti dicermati jika berkunjung ke Saigon.

Habis santap siang kami pun menuju hotel untuk beristirahat. Perjalanan menyusuri sepanjang pantai Vietnam Selatan hingga ke bagian utara akan dimulai esok hari.

Dua hari berturut-turut kami disuguhi pemandangan batu untuk mempelajari geologi regional dan rekahan batuan dasar yang berkorelasi dengan reservoar minyak di cekungan Cuu Long.

This slideshow requires JavaScript.

Hari terakhir, setelah balik ke Saigon barulah kami berkesempatan untuk melihat-lihat kota Saigon. Tidak lupa belanja tentunya…🙂

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membuat field trip ini berjalan dengan sukses.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Geoscience and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s