Jus Seledri Untuk Hipertensi


jus seledriCeritanya, beberapa hari yang lalu ketika bangun sahur saya merasa berat di kepala bagian belakang. Saat itu saya kira hanya salah tidur saja, mungkin bantalnya ketinggian. Namun, sakit ini berlanjut hingga pagi. Dari pada terjadi sesuatu di kereta, akhirnya niat berangkat ke kantor saya urungkan dan ganti haluan ke dokter. Sebelumnya saya cek dulu tekanan darah di rumah, kebetulan punya alat tensi meter digital. Diulang tiga kali hasilnya menunjukkan di atas 140/90. Mungkin gara-gara ini kepalanya jadi berat.

Sampai di dokter, saya ceritakan kronologisnya, tekanan darah pun dicek lagi. Hasilnya 150/100. Ini sudah masuk hipertensi stadium satu, seharusnya tekanan darah normal 90-120/60-80. Padahal, saat buka puasa kemarinnya hanya makan nasi goreng dan minum es cincau. Tapi, kata dokternya, peningkatan tekanan darah bisa juga akibat kurang tidur atau stress. Mungkin kurang tidur akibat piala duniašŸ˜€.

Meskipun dikasih obat, sampai rumah mulai deh Googling untuk mencari makanan atau minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dari sekian banyak hasilnya, saya tertarik pada seledri, meskipun sebenarnya saya tidak begitu suka makan seledri. Bahkan, ketika makan bakso saya selalu pesan tidak pakai seledri ke penjualnya. Demi kesehatan, mesti dicoba. Agar bisa masuk, saya kombinasikan dengan wortel yang juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Jus ini saya minum sekali sehari sebelum tidur. Agar terkontrol, setiap akan tidur dan bangun pagi saya cek dahulu tekanan darahnya menggunakan tensi meter digital. Hasilnya saya catat di tablet, jadi bisa terlacak fluktuasinya. Banyak aplikasi gratis yang bisa didownload untuk membantu memonitor tekanan darah, baik itu di Android, Blackberry, atau IOS.

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Mark Houston, seorang dokter dan direktur medis dari Hipertension Institute of Nashville di Saint Thomas Hospital, merekomendasikan seledri sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Seledri mengandung fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, yang dapat mengendurkan jaringan otot dalam dinding arteri, sehingga aliran darah meningkat dan pada gilirannya menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa makan empat batang seledri setiap hari dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Berikut beberapa manfaat seledri seperti dilansir dari magforwomen.com dalam merdeka.com.

  • Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi, kalium, dan mineral.
  • Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
  • Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
  • Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.
  • Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.
  • Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
  • Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.
  • Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.
  • Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
  • Akar seledri efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda yang hilang.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi jus wortel secara rutin seperti dilansir dari healthmeup.com dalam merdeka.com.

  • Wortel mengandung beta karoten dan lutein yang merupakan senyawa yang dapat meningkatkan penglihatan Anda. Senyawa ini juga mampu melindungi mata dari penyakit glukoma dan rabun senja.
  • Jus wortel juga mengandung karotenoid yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.
  • Wortel kaya akan vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah kulit dari iritasi dan noda. Selain itu anti oksidan di dalam jus wortel mampu memperlambat proses penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Jus wortel kaya akan nutrisi dan anti oksidan seperti vitamin C. Hal ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.
  • Mengkonsumsi jus wortel 20 menit sebelum makan baik untuk merangsang produksi cairan pencernaan yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Selain itu jus wortel juga mengandung serat larut yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Cara Buat

Nah, sebelum membuat jus kombinasi seledri dan wortel, siapkan dulu alat dan bahannya. Pastikan Anda punya blender, jika tidak silakan pinjam, jika tidak ada juga ya terpaksa wortelnya diparut. Bahannya adalah 4 batang seledri yang masih segar dan 2 buah wortel yang besarnya sedang. Karena kemarin ketemunya wortel impor yang besarnya lumayan, jadinya saya pakai satu wortel saja.

  1. Cucilah seledri dan wortel hingga bersih.
  2. Kupas tipis wortel dan buang bagian pangkal yang berwarna hijau.
  3. Potonglah seledri dan wortel menjadi potongan kecil-kecil agar mudah halus saat di blender.
  4. Masukkanlah potongan seledri dan wortel ke dalam blender.
  5. Tambahkan juga air secukupnya.
  6. Blenderlah semua bahan tadi hingga halus.
  7. Jika dirasa jus terlalu kental, Anda bisa menambahkan lagi air, kemudian blender hingga tercampur rata.
  8. Tuangkanlah jus wortel ke dalam gelas.
  9. Jus siap diminum.

Nah, demikianlah cara membuat jus seledri campur wortel untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk menyiasati bau atau rasa seledri yang menyengat, bisa tambahkan madu atau susu low fat.

Agar berhasil maksimal, tentu harus disertai dengan perubahan gaya hidup (pesan untuk diri-sendiriā€¦ hehehe). Mudah-mudahan bermanfaat.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in About Me and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s