Dari Soppeng untuk Indonesia (1)


Tulisan ini adalah artikel berseri yang saya tulis untuk mengenal tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Soppeng. Setiap seri akan berisi dua orang tokoh. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang Soppeng khususnya saya sendiri untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara dalam skala nasional.

Urutan penulisannya tidak berdasarkan suatu kriteria, acak saja. Sesuai kemunculannya dalam benak saya.🙂

Marwah Daud Ibrahim

Asal foto : thejakartapost.com

Asal foto : thejakartapost.com

Beliau ini tokoh nasional asal Soppeng yang saya kenal paling awal. Bahkan ketika saya masih SMA.

Berikut ini profil singkatnya, sebagaimana tertulis di mdi.mhmmd.net dan selebriti.kapanlagi.com.

Marwah, dilahirkan di Takalala, Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, 8 November 1956. SD dan SMP diselesaikan di Kabupaten Soppeng. Tamat SPG dengan predikat Siswa Teladan Sekolah tahun 1974. Kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar dengan dukungan Beasiswa Supersemar dan lulus dengan predikat Mahasiswa Teladan. Tahun 1978, Marwah ke Universitas Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat lalu dengan Beasiswa Japan Scholarship for ASEAN Youth dari Menpora, Marwah kuliah di School of International Service, The American University, Washington, D.C.

Tahun 1983 Marwah lulus dengan predikat distinction sambil jadi peneliti UNESCO untuk Arus global Informasi Dunia. Tahun 1983, Marwah menikah dengan Ibrahim Taju dan masuk bekerja di BPP Teknologi. Dengan beasiswa Overseas Fellowship Program dari berhasil lulus tercepat kedua, diikuti oleh teman-temannya dari Amerika, Jerman, Inggeris, Israel dan negara lainnya.

Setelah menyelesaikan studinya, kemudian ia pulang ke Indonesia dan aktif di dunia politik hingga pada pemilu 2004 ia dimasukan bursa capres dan cawapres. Di situ ia dipasangkan dengan Gus Dur yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa.

Marwah dikenal rajin membaca juga aktif menulis buku. Bukunya yang berjudul Pengembangan Kepribadian memiliki banyak penggemar sebab mampu memotivasi pembacanya untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu ia juga menulis buku yang berjudul Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan.

Program motivasinya yang juga bernama Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan atau yang biasa disingkat dengan MHMMD juga menjadi ajang bagi dirinya untuk terus memotivasi orang-orang Indonesia agar mereka mau berubah menjadi yang lebih baik.

Selain sebagai politikus, ia mengisi waktunya dengan bekerja sebagai asisten peneliti UNESCO dan Bank Dunia.

Burhanuddin Andi

Asal foto : fajar.co.id

Asal foto : fajar.co.id

Tokoh satu ini memang sebelumnya asing di telinga saya. Hingga akhirnya saya mengikuti acara reuni akbar SMA saya di Soppeng. Di acara tersebut hadir Irjen Pol Drs. Burhanuddin Andi, SH, MH., Kapolda Sulawesi Selatan, yang ternyata alumni SMA Negeri 1 Watansoppeng (dulu dikenal dengan SMA 200).

Berikut ini profil singkatnya yang saya elaborasi dari id.wikipedia.org.

Burhanuddin Andi, dilahirkan di Soppeng, 26 April 1959. Pendidikan SD hingga SMP ditamatkannya di Makassar, kemudian menyelesaikan pendidikan menengah di SMA 200 Watansoppeng pada tahun 1976. Setelah itu melanjutkan pendidikan ke AKABRI Magelang dan selesai pada tahun 1983.

Sejumlah jabatan penting telah diembannya selama bertugas di kepolisian. Seperti Wakapolwil Purwakarta Polda Jabar, Wakapolwiltabes Bandung Polda Jabar, Direktur Samapta Polda Aceh, Kapolwil Pare-pare Polda Sulsel, Kapolwiltabes Makasar Polda Sulsel, Wakapolda Banten, Kapolda Bengkulu, dan sekarang Kapolda Sulsel.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Dari Soppeng untuk Indonesia (1)

  1. Pingback: Dari Soppeng untuk Indonesia (2) | .: Kirman Syam :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s