Tawuran Mahasiswa dan Keseimbangan


Saya tidak begitu asing dengan tawuran mahasiswa. Maklum saja, di tempat saya kuliah – dulu – kejadian semacam ini sudah seperti agenda tahunan. Meskipun dikecam oleh semua orang, tapi tawuran mahasiswa masih kerap terjadi.

Pernah suatu saat, ketika sedang makan siang di restoran bersama teman-teman kantor, topik ini menjadi perbincangan hangat. Kawan-kawan heran mengapa mahasiswa di tempat saya sering sekali tawuran hingga merusak fasilitas kampus. Saya pun berkilah bahwa itu dulu, sekarang sudah berubah, sudah jarang terjadi. Ironisnya, beberapa saat kemudian tiba-tiba ada breaking news yang mengabarkan tawuran mahasiswa antar fakultas di tempat saya.

Entah mengapa, kebiasaan buruk ini susah benar dihilangkan. Pihak berwenang bukannya tinggal diam, begitu banyak cara telah dilakukan, mulai pendekatan persuasif hingga ancaman pemecatan. Namun tak bisa meredam kejadian-kejadian semacam ini terulang kembali. Bos saya di kantor bahkan pernah berkata, “Mungkin darahnya orang sana memang mudah bergejolak”.

Pada suatu sesi kuliah saya tentang Geologi, dikatakan bahwa bumi kita senantiasa mencari keseimbangan. Mengapa erosi terjadi? Mengapa gunung meletus? Pada dasarnya karena mencari keseimbangan. Begitu semuanya seimbang, maka akan diam saja.

Mungkin analogi ini bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan mengapa di tempat saya kerap terjadi tawuran mahasiswa. Mahasiswa ini kan punya energi yang begitu besar yang mesti disalurkan agar mencapai keseimbangan. Lantas kenapa disalurkan ke bentuk tawuran? Mungkin karena mereka tidak menemukan sarana penyaluran lainnya.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

