Wow, Cadangan Minyak Indonesia Akan Habis 11 Tahun Lagi


Minyak memang menjadi salah satu persoalan krusial bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Tengok saja banyak kejadian di dunia ini yang berkedok berbagai alasan, padahal dibalik semua itu adalah minyak. Perkembangan naik turunnya harga minyak mentah dunia juga selalu menjadi pusat perhatian.

Di Indonesia, harga BBM tidak bisa dinaikkan begitu saja oleh pemerintah. Harus ada persetujuan dewan dan tentu saja selalu melihat reaksi masyarakat. Sangat berbeda dengan harga ayam kampung yang bisa naik begitu saja dan harga di masing-masing pasar bisa berbeda.

Saya tidak akan membahas kenaikan harga BBM, mengapa dinaikkan dan dampaknya apa. Saya akan menulis tentang sebuah laporan yang dipublikasikan oleh BP yang berjudul “BP Statistical Review of World Energy June 2013“.

sumber : bp.com/statisticalreview

sumber : bp.com/statisticalreview

Dari data cadangan Indonesia saat ini dibandingkan dengan data produksi, jika tidak ada perubahan di keduanya maka cadangan minyak Indonesia akan habis dalam 11 tahun lagi. Bisa dibayangkan berapa harga BBM 11 tahun ke depan ketika semua minyak diimpor.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar cadangan minyak kita tidak habis 11 tahun lagi?

  • Pemerintah harus terus melakukan eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak baru, sehingga jumlah cadangan minyak Indonesia bisa bertambah. Khususnya di Indonesia Timur yang masih banyak cekungan minyak bumi yang belum tersentuh, minim data, atau terkendala dengan alam dan teknologi semisal di laut dalam.
  • Masyarakat pengguna BBM harus berhemat, sehingga dengan jumlah cadangan yang sama jika produksi per hari bisa diturunkan tentu cadangannya akan bertahan lebih lama. Ini kayaknya agak mustahil, mengingat jumlah kendaraan yang kian hari kian bertambah. Kebutuhan BBM dari tahun ke tahun akan terus meningkat.
  • Pemerintah harus mengembangkan sumber energi alternatif, agar masyarakat tidak bergantung semata-mata pada minyak bumi.

Kita berharap cadangan minyak bumi baru dapat ditemukan lagi, disamping terus berupaya untuk pengembangan sumber energi alternatif. Semoga…

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Interest and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s