Sekian Lama Bersama, Akhirnya Berpisah


Saya sudah lupa kapan persisnya dia mulai muncul dalam hidup saya. Mulanya saya tidak begitu memperhatikan, hingga akhirnya orang rumah menegur. Namun, karena tidak ada efeknya ya saya diamkan saja.

Dulu, dia pernah berusaha pergi. Tapi, mungkin kurang tuntas jadi akhirnya muncul lagi. Yang lebih parah lagi, akhir-akhir ini kehadirannya mulai mengganggu. Mulai terasa nyeri, tidak nyaman kalau tidur, juga duduk. Saya tidak tahu nama persisnya, yang jelas dia berupa benjolan di punggung kiri saya.

IMG-20130517-00271

Saya pun memutuskan untuk konsultasi ke dokter bedah umum di rumah sakit dekat rumah. Tidak ada jalan lain kecuali mengangkatnya. Sebelum tindakan, saya mesti cek darah dulu, USG benjolannya, dan ronsen dada. Ini adalah prosedur standar untuk memastikan saya dalam kondisi yang sehat untuk menjalani operasi.

Hasil pemeriksaan menunjukkan semuanya oke. Dari hasil USG saya lihat hasilnya adalah lipoma dd ateroma. Kalau ingin tahu lebih dalam tentang lipoma dan ateroma serta perbedaannya silakan Googling aja ya. Yang jelas, benjolan ini adalah lemak dan jika mulai terasa sakit, kemungkinan ada infeksi atau sudah mengganggu organ di sekitarnya.

Tindakan pun dijadwalkan pada hari Rabu, 12 Juni 2013, pukul 08.00 pagi. Berselang beberapa hari dari konsultasi pertama saya. Sebelumnya saya konsultasi dulu ke dokter spesialis penyakit dalam dan dokter anastesi untuk meminta rekomendasi sehubungan dengan tindakan pengangkatan benjolan di punggung saya itu. Dari dokter anestesi saya diberitahu jika nantinya saya akan dibius total, sama ketika saya operasi amandel.

Alhamdulillah, operasinya berjalan lancar meskipun agak molor sedikit karena keadaan darurat, ada yang mau melahirkan secara sesar dengan tiba-tiba. Jadi, dokter anastesinya melayani pasien darurat itu dulu. Setelah sadar, saya ditunjukkan foto hasil operasi oleh istri saya. Barangnya sendiri sudah dibawa ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut, apakah sebenarnya dia itu. Apakah tumor jinak atau berbahaya. Mudah-mudahan sih yang jinak-jinak saja.

IMG-20130612-00215

Setelah menyelesaikan administrasi, sekitar jam 12 siang saya pun pulang ke rumah. Karena ini ODC alias one day care, jadi tidak perlu nginap di rumah sakit. Tidak lupa meminta surat keterangan dokter untuk istirahat selama 3 hari ke depan… hehehe.

Dari hasil laboratorium, kesimpulannya isi benjolan itu tidak berbahaya. Alhamdulillah…

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in About Me and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Sekian Lama Bersama, Akhirnya Berpisah

  1. hendry says:

    Hmm,,, berapa biaya operasinya mas???.ver

Leave a Reply

