Operasi Amandel


Beberapa tahun terakhir ini saya sering sekali terkena radang tenggorokan. Awalnya saya anggap biasa saja, mungkin faktor cuaca. Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh kantor ketahuan jika tonsil alias amandel saya cukup besar. Dan bukan hanya sering radang, amandel itu juga ditengarai sebagai salah satu penyebab suara dengkur atau ngorok saya demikian besarnya ketika sedang tidur.

Setelah konsultasi beberapa kali ke dokter spesialis THT, akhirnya saya membulatkan tekad untuk mengucap perpisahan dengan amandel saya itu. Tidak ada cara lain, setelah diobati ternyata masih gede dan sering radang juga, jalan operasi akhirnya saya pilih.

Operasi amandel saya ini dilakukan di sebuah rumah sakit di kawasan BSD, Serpong. Karena sudah kerja sama dengan kantor, jadi tidak perlu bayar langsung. Meskipun sempat ada kesalahpahaman karena ternyata masih butuh surat jaminan dari kantor. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mengusahakan surat jaminan tersebut dalam waktu singkat sehingga jadwal operasi saya tidak tertunda.

Sesuai jadwal, operasi amandel saya akan dilakukan hari Jumat, 15 Februari 2013, sekitar pukul 17.00. Sehari sebelumnya mesti cek darah dulu ke laboratorium. Ada beberapa hal yang harus dicek untuk memastikan saya bisa melakukan operasi. Alhamdulillah, hasilnya bagus dan dokter spesialis penyakit dalam menyatakan saya bisa dioperasi.

Jumat jam 10 pagi saya sudah di rumah sakit. Setelah semua urusan administrasi selesai, saya pun menuju kamar perawatan. Karena harus puasa 6 jam sebelum operasi, maka jam 11 siang adalah saat terakhir untuk menikmati makan dan minum. Tapi, setelah itu diinfus sih jadi tidak lapar-lapar amat.

Selama menunggu saat operasi, beberapa kali tensi saya diukur, terus ada tes alergi obat-obatan, kunjungan dokter, dan lain-lain. Selebihnya saya habiskan nonton televisi.

Sekitar jam setengah enam sore saya pun menuju ruang operasi. Rasanya seperti melayang saja. Entah pengaruh obat atau nerves. Sebelum masuk ruang operasi diminta ganti baju operasi dan melepas celana, terus dipakaikan penutup kepala. Setelah itu dipindahkan ke ruang operasi, di sana sudah menunggu dokter anastesinya. Ngobrol sebentar, trus ada yang bilang obatnya saya masukkan ya Pak, dan setelah itu saya tidak ingat apa-apa lagi.

Entah berapa lama saya pun tersadar dengan rasa aneh di tenggorokan. Alhamdulillah, operasinya berjalan lancar. Operasinya berjalan sekitar satu jam dan saya di ruang pemulihan sekitar satu jam lebih. Setelah sadar, sekitar jam setengah sepuluh saya dikembalikan ke kamar.

Tidak lama setelahnya saya sudah bisa minum susu yang diberi es batu dan juga es krim. Esok paginya juga masih susu pakai es batu. Siang hari diberi sari makanan. Siang hari itupun dokter THT membolehkan saya pulang ke rumah dengan beberapa catatan. Seperti makanannya masih harus yang halus, tidak boleh makan dan minum yang hangat apalagi panas karena akan membuka pembuluh darah, kalau ada pendarahan harus balik ke rumah sakit, kalau nyeri ada obatnya atau kulum es batu, dll.

operasi amandel

Hasil operasi amandel. Gede juga rupanya…

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in About Me and tagged . Bookmark the permalink.

6 Responses to Operasi Amandel

  1. yulia says:

    sakit gak di ambil darah sma di infusnya? takut disuntik nih

    • Kirman says:

      Gak. Waktu tes darah ada juga yg diambil di telinga, tapi tidak terasa. Waktu diinfus sakitnya kayak digigit semut doang… hehehe. Yang agak sakit itu waktu tes alergi obat di lengan, tapi bentar doang…

  2. yulia says:

    emang semua pasti pake tes alergi obat? di apain tuh? test darahnya di ambil di mana?

  3. saya juga usai oprasi amandel sebulan yang lalu dan hari-hari setelah oprasi adalah hari ang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

