Nyontek, dari Pelajar hingga Politisi


Suasana begitu hening.

Semuanya fokus dengan lembar jawaban yang ada di atas meja masing-masing. Guru yang mengawasi ujian hari itu pun berkeliling dalam diam.

Semakin lama, beberapa teman mulai nampak gelisah. Dengan ekor matanya mengawasi gerak-gerik pengawas. Jika pengawas lengah, secepat kilat catatan contekan pun tertarik dari laci meja. Atau menengok ke lembar jawaban teman sebelah.

Begitulah kadang-kadang situasi ujian di sekolahan. Kadang ada yang tertangkap tangan, kadang juga ada yang sukses hingga mendapat nilai yang lumayan. Tapi, ini cerita di sekolah antah-berantah. Bukan di sekolah saya…🙂

Kejadian nyontek ini rupanya bukan hanya terjadi di kalangan pelajar. Tapi, menjalar ke pejabat hingga politisi. Entah siapa yang nyontek siapa, apakah pelajar yang nyontek politisi atau sebaliknya.

Yang paling santer dicontek sekarang ini adalah blusukan. Sejak kata ini dipopulerkan oleh Jokowi, banyak sekali politisi yang menconteknya. Tidak masalah sih, sepanjang itu menguntungkan masyarakat. Soal tulus atau tidak, sekadar pencitraan atau bukan tidak jadi persoalan. Yang jelas membawa perbaikan bagi kehidupan masyarakat.

Saya sendiri tidak begitu paham arti kata blusukan. Bahkan di kamus besar Bahasa Indonesia, kata ini tidak ditemukan.

Arti kata blusukan

pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/

Namun, kalau melihat dari tindakan Jokowi yang diasosiasikan dengan kata blusukan, blusukan kemungkinan berarti kunjungan ke perkampungan atau tempat-tempat terpencil. Asal kata ini sepertinya dari Bahasa Jawa, mengingat Jokowi berasal dari Solo. Kalau ada yang tahu pengertian blusukan dibagi ya di kolom komentar…🙂

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Nyontek, dari Pelajar hingga Politisi

  1. kopimana says:

    gapapa nyontek kalo emang bagus sih🙂

  2. Mugniar says:

    Gak ngerti, bukan orang Jawa🙂
    Tadinya saya kira artinya “barang loak”? Kayaknya pernah baca di mana gitu, ada yang bilang “blusukan” mengarahnya ke pasar loak atau barang loak gitu. Ah, tapi pada dasarnya saya gak ngerti. Jadi pingin tahu juga …😀

  3. greenfaj says:

    jokowi mmg trendsetter😀

  4. asrim says:

    blusukan; berbusuk-busuk ria…haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s