Hidup dan Malu


Hidup dan malu. Apa hubungannya?

Pertanyaan serupa melintas dalam benak saya ketika khotib Jum’at di Bakrie Tower menyebutkan judul khutbahnya. Namanya saya lupa, padahal sempat disebutkan oleh pembawa acara sebelumnya. Tapi, tak apalah. Yang penting adalah apa hubungan hidup dan malu.

Nah, menurut khotib hidup dan malu itu berasal dari akar kata yang sama dalam Bahasa Arab. Hayaaun atau malu dan hayaatun atau hidup, asal katanya sama. Dalam hiduppun kedua kata ini erat hubungannya. Manusia masih dikatakan manusia jika dalam hidupnya masih punya malu. Jika tidak lagi punya malu, maka manusia tersebut bisa disejajarkan bahkan lebih rendah dari binatang.

Serigala adalah binatang yang buas, bahkan membunuh atau memangsa sesamanya. Mengapa serigala melakukannya? karena serigala tidak punya malu. Demikian juga dengan manusia yang tak segan membunuh sesamanya atau memangsa sesama manusia. Manusia sanggup melakukannya jika sudah tidak lagi punya malu.

Kera adalah binatang yang rakus. Kera gemar merebut makanan kera lainnya meskipun di tangannya masih ada makanan. Kera melakukannya karena tidak punya malu. Begitu pula dengan manusia yang rakus, yang gemar merampas harta orang lain atau gemar menguasai uang rakyat. Manusia bisa lebih rakus dari kera karena tidak lagi hidup punya malu.

Ayam adalah binatang yang gemar melepaskan hawa nafsunya dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Ayam tidak punya malu. Begitulah manusia yang suka memperturutkan nafsunya dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Tidak peduli itu istri orang atau bukan dengan wanita yang sah. Manusia bisa lebih hina dari ayam jika hidupnya tidak lagi punya rasa malu.

Itu tiga contoh hubungan hidup dan malu yang diberikan oleh khotib.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s