Asam Lambung yang Kian Melambung


Beberapa hari ini saya bahkan mungkin beberapa minggu, saya mengalami nyeri ulu hati. Saking mengganggunya, saya sampai USG perut untuk melihat ada apa gerangan. Kekhawatiran awal saya adalah batu empedu, namun hasil USG menyatakan tidak ada batu empedu. Jangan-jangan masalah jantung karena kadang terasa sakit juga di dada, saya pun periksa ke dokter jantung. Hasil EKG normal, namun kalau mau yang lebih akurat sekitar 70% – 80% disarankan treadmill. Hasil treadmill menunjukkan tidak ada masalah dengan jantung.

Saya pun kembali ke pengobatan awal, yaitu masalah asam lambung. Ada beberapa obat dari dokter internis yang saya konsumsi. Hasilnya memang lumayan, namun ketika berhenti minum perlahan sakitnya timbul lagi. Mungkin sebaiknya coba yang tradisional atau herbal. Ada banyak sih, ada jus kentang wortel apel, arang, kunir putih, dll. Sempat coba jus kentang wortel apel, lumayan membantu. Tapi, 2 hari ini kambuh lagi. Ada yang menyarankan terapi arang juga. Dari hasil Googling, ternyata arang memang sudah digunakan sejak dahulu kala untuk menetralkan asam lambung. Namun, saya masih ragu mencobanya. Arang gitu… hehehe.

Asam lambung sebenarnya sangat bermanfaat buat kita. Mereka inilah yang menghancurkan makanan yang kita makan dan membunuh bakteri yang masuk. Hanya saja jika jumlahnya berlebihan ya jadi masalah.

Ini mungkin ada hubungannya dengan diet yang saya lakukan. Kalau dulunya lambung saya bekerja berat mengolah asupan makanan, tiba-tiba jumlah yang masuk sedikit. Masih penyesuaian, kata istri saya🙂. Nampaknya harus menghindari diet ekstrim dan mengikuti petunjuk dokter ahli gizi klinik, makan dalam porsi kecil namun diselingi dengan makanan ringan disela-sela waktu makan. Disamping itu, harus menghindari makanan pedas, minuman dingin, kopi dalam jumlah banyak, dan makanan kecut.

Mudah-mudahan ada perubahan… Yang penting konsisten.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in About Me and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

