Ceramah Ramadhan – 3 Senjata dari Allah untuk Setiap Muslim


Ceramah ramadhan Bakrie Tower kemarin diisi oleh Ustadz Ahmad Subhan atau yang lebih terkenal dengan Ustadz Agus. Topik yang dibawakan adalah 3 senjata dari Allah SWT untuk setiap pribadi muslim. 3 senjata tersebut diperoleh dari madrasah yaitu madrasah ramadhan. Jika ketiga hal tersebut bisa kita jaga, maka jangankan dunia, akhirat akan Allah SWT berikan kepada kita.

Apa saja ketiga senjata tersebut?

Ikhlas

Ramadhan mendidik kita untuk senantiasa ikhlas. Ikhlas artinya menjalankan perintah semata-mata hanya mengharap ridho Allah. Lawan ikhlas adalah riya’.

Tawadhu’

Tawadhu’ artinya merendahkan diri bukan rendah diri. Lawannya adalah sombong. Ramadhan mengajarkan kita untuk selalu merendahkan diri. Iblis itu maksiatnya cuma satu yaitu sombong. Ia tidak mau sujud kepada Nabi Adam ketika Allah memerintahkan. Mengapa? Karena ia sombong, ia merasa lebih mulia dibanding Nabi Adam yang tercipta dari tanah sedangkan dirinya dari api. Tidak mau bernasib seperti iblis kan?

Sabar

Ramadhan juga mengajarkan untuk bersabar. Bersabar menanti maghrib salah satunya… hehehe. Bayangkan saja, yang dulunya pemarah di ramadhan menjadi penyabar. Yang gampang emosi, saat ramadhan menjadi lebih sabar. Lawan sabar adalah syirik. Kok syirik? Karena ketidaksabaran biasanya mendorong seseorang untuk menyekutukan Allah. Tidak sabar ingin kaya terus bertapa di bawah pohon, pergi cari ilham di goa, dll. Yang tidak sabar dapat jabatan rela sogok sana sogok sini, cari restu ke makam, orang pintar, dll. Ini adalah syirik. Makanya, yang sabar sajalah…

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Puasa Ramadhan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s