Qat Si Daun Ajaib


Qat, bagi sebagian besar masyarakat Yaman sudah seperti kebutuhan pokok seperti halnya makan dan minum. Bahkan, untuk kebiasaan yang satu ini mereka rela mengeluarkan uang lebih besar. Harga makan siang di Sana’a, ibukota Yaman, berkisar 500 YR (real Yaman) sedangkan untuk sekantong plastik qat harganya bisa berkisar 1000 – 2000 YR. 1 YR sama dengan 50 rupiah, jadi harga qat berkisar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Kebiasaan nge-qat biasanya dilakukan oleh orang Yaman ketika selesai makan siang hingga jam 5 sore. Tidak heran jika pada jam-jam tersebut ramai orang di jalanan dengan bungkusan qat, air mineral, dan sebotol softdrink. Nge-qat memang paling mantap jika ditemani dengan air dan minuman bersoda.

Penasaran dengan rasa qat, tadi siang saya meminta kepada sopir kantor untuk membeli sebungkus qat. Tak lama kemudian saya pun menerima sebungkus qat dengan harga 1000 YR.

Qat seharga 1000 YR

Bagi yang belum tahu, qat ini semacam daun yang konon kabarnya berasal dari Eutophia. Entah bagaimana ceritanya bisa masuk Yaman dan menjadi kegemaran penduduknya. Mengkonsumsi qat bisa membuat kuat, senang, menghilangkan stress, kuat begadang, dll. Tidak heran jika sopir saya di lapangan tidak pernah melepaskan qat dari mulutnya jika sedang bepergian jauh.

Menurut Hendra (http://successisdiamon.blogspot.com), seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Sana’a, ada 8 jenis qat yang mashur. Ada qat ansi yang bisa membuat hati senang dan santai. Hamdani yang bisa membuat tahan lama dalam aktivitas seksual. Arhabi untuk meningkatkan libido. Gatl yang bisa membuat selalu semangat. Ruz untuk menghilangkan stress. Umari juga ketahanan aktivitas seksual. Arusah atau baladi qat khusus untuk acara pesta dan merupakan qat paling mahal. Dan yang terakhir madam qat khusus untuk meningkatkan libido perempuan yang bisa juga dipakai laki-laki.

Ditemani sebotol air mineral, sayapun menikmati qat yang saya pesan. Rasanya pahit, mungkin karena baru… hehehe. Kata Hendra, qatnya jangan ditelan cukup airnya saja yang ditelan. Jadi, masukkan qat ke mulut, kunyah di salah satu sisi, dan kumpulkan di balik luar gigi. Sesekali minum air mineral, sayangnya saya lupa menyediakan softdrink.

Nge-qat

Nge-qat…🙂

Gimana rasanya habis nge-qat? Jangan tanya deh… hehehe. Kalo ada uang 1000 YR silakan beli dan jajal sendiri…🙂

Dah mirip belum…. wkkkkk…. (sumber foto kiri : egyptianstories.blogspot.com)

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Jalan Jalan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s