Sana’a Setelah Konflik


Pesawat Emirates yang saya tumpangi mendarat mulus di Bandara Internasional Sana’a, ibukota Yaman. Hari masih pagi, jarum jam baru menunjukkan pukul 09.00 pagi waktu setempat. Lelah tentu saja setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dari Jakarta. Ada rasa penasaran bagaimana kondisi Sana’a setelah dua tahun lebih saya tidak berkunjung ke kota ini akibat konflik politik yang terjadi.

Di bandara sudah menunggu Ihab, pegawai kantor tempat saya bekerja di Sana’a. Dia yang bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan keimigrasian.

“Ahlan wa sahlan… Welcome back,” sambutnya.

Setelah mengambil semua bagasi, kamipun bergegas menuju area parkir bandara. Di sana sudah menunggu Saleh, sopir kantor yang selama ini menjemput dan mengantar ke mana-mana. Pelukan sejenak, nanya kabar, dan kamipun meninggalkan bandara.

Secara umum, Sana’a masih sepi, tidak seramai dulu. Di beberapa sudut kota masih tampak bekas tembak-tembakan. Bahkan beberapa gedung yang hangus terbakar masih dibiarkan begitu saja, seperti kantor Yemenia Airways yang terdiri dari beberapa lantai semuanya hangus terbakar. Di sisi jalan flyover, dinding bangunan, dan pagar juga masih kelihatan lubang bekas peluru.

Kata Saleh, sekarang sudah relatif lebih baik dibanding beberapa bulan sebelumnya. Namun begitu, saya tetap saja merasa takut jika berhenti di lampu merah atau di dekat keramaian.

Alhamdulillah, sampai di kantor Sana’a dengan selamat. Mudah-mudahan tugas dari kantor dapat terselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan juga listriknya tidak sering-sering padam. Menurut informasi, dalam sehari bisa padam delapan jam…😦. Itu sudah bagus, dulu malah sehari cuma nyala sejam….

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in My Jobs. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s