Konsultasi Dokter Spesialis Gizi Klinik


Setelah berbulan-bulan berusaha menurunkan berat dan mengeliminasi lemak dari tubuh khususnya perut tidak juga membuahkan hasil, beberapa hari yang lalu saya putuskan untuk konsultasi ke dokter spesialis gizi klinik. Keputusan ini juga dipicu oleh hasil medical check up saya yang salah satu sarannya adalah konsul untuk keperluan diet.

Saya konsultasi dengan dokter di sebuah rumah sakit di Serpong. Dokternya sangat friendly dan kami diskusi panjang lebar soal program diet saya. Hasilnya saya pulang membawa program diet yang sangat menantang. Soalnya saya adalah pencinta makanan apalagi kalau dimakan dengan nasi putih. Sementara di program dietnya tertulis makan nasi putih 7 – 8 sdm dan lauknya cuma boleh satu potong. Alamaakkk…

Waktu makannya masih sama seperti biasa, ada tiga kali sehari dan dua kali makanan ringan. Namun, tentu saja jumlahnya yang dikurangi. Targetnya dalam sehari adalah sekitar 2000 kalori dan hanya boleh ada dua potong lauk yang digoreng dalam sehari. Untungnya di rumah selalu ada ikan masak, jadi soal lauk ini tidak jadi masalah.

Dalam dua hari praktek, menurut penilaian saya lumayanlah… Nasi yang biasanya bisa 3 – 4 sendok nasi sudah bisa turun 1 sendok nasi saja. Ikan yang bisa habis sampai 3 potong sekarang bisa 1 potong saja. Mie instan sudah bisa saya tinggalkan, soalnya kata dokter mie instant mengandung 50% lebih kebutuhan garam kita dalam sehari. Padahal, saya biasanya sekali makan mie langsung dua.

Mudah-mudahan diet saya kali ini membawa hasil yang optimal, tidak seperti sebelum-sebelumnya… hehehe. Amin.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in My Weight Loss Program and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Konsultasi Dokter Spesialis Gizi Klinik

  1. manjilala says:

    Saya kunjungan balik nih, Wah selamat mas atas usahanya untuk berdiet, hehehe…. di blog saya sebenarnya ada pedoman Gizi Seimbang, pedoman itu sebenarnya bersifat umum, hanya karena DALAM RANGKA HARI AIDS, sy kasi’ label ODHA.🙂, so, kalau mau menurunkan berat badan, paling tidak pola konsumsinya jangan lebih dari anjuran yang ada di situ cth: Konsumsi karbohidrat pada pedoman 3-8 porsi, krena tujuannya menurunkan BB, maka sebaiknya jangan lebih dari 3 Porsi, heheheh….. terus kalau dalam sehari sudah makan NASI 3 kali, sebaiknya hari itu TIDAK USAH lagi makan MIE. Makan malam sebaiknya sebelum jam 8, Hindari makan makanan berat (martabak, terang bulan, nasi goreng, mie gore, dll) di atas jam 8 itu merusak program diet, kalupun lapar cukup buah atau segelas susu hangat.

    Prinsip umum menurunkan BB itu, pola konsumsi yg tepat, olah raga yang rutin (minimal 30 menit setiap hari) dan suasana hati yang tenang (hindari stress), kalau ketiga-tiganya TIDAK DAPET sepertinya program penurunan BB aga’ sulit, hehehe….. komennya kepanjangan ya, heheh…. maaf ya mas bro, semoga bermanfaat🙂

  2. jeng Ayu says:

    Info dong dokternya namanya siapa trus di rumah sakit apa

Leave a Reply

