Jalan-Jalan Makassar


Mungkin ada yang bertanya, ngapaian orang Makassar jalan-jalan di Makassar? Hehehe… Kebetulan lagi ada acara Joint Convention HAGI (Himpunan Ahli Geofisika Indonesia) dan IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) di Hotel Clarion Makassar dari tanggal 26 – 29 September 2011 dan saya diberi kesempatan oleh perusahaan untuk mengikutinya. Setelah mengalami kesulitan menemukan hotel untuk nginap, akhirnya nemu juga di Horison. Lebih dekat ke pantai Losari sih dibanding tempat acara, tapi tak apa-apalah. Entah ada acara apa saja di Makassar hingga hotel pada penuh.

Hari pertama setelah acara saya sempatkan ke Pantai Losari. Pangling juga, banyak perubahan meskipun belum kelar pembangunannya.

Pantai Losari

Malamnya makan malam dengan menu ikan bersama teman. Kebetulan di samping hotel ada rumah makan yang katanya enak, namanya rumah makan Kaisar. Kami memesan Ikan Sunu goreng dan ikan Baronang bakar, sayangnya saya lupa foto.

Malam kedua makan malam di rumah makan Kayangan di dekat pantai Losari. Menunya masih ikan, tapi kali ini saya memesan sop kepala ikan. Ada dua jenis, ada yang pakai santan dan tidak. Saya pesan yang tidak pakai santan, rasanya mantap tenan. Ikannya empuk dan kuahnya gurih.

Sop kepala ikan

Malam berikutnya saya mencari menu yang lain, pokoknya bukan ikan lagi. Atas rekomendasi istri saya, saya mencoba ke RM. Ayam Goreng Sulawesi yang katanya pakai ayam kampung. Saya memesan awalnya hanya sop ayam, ayam goreng, plus otak-otak. Maknyusss… bener rasanya, akhirnya tambah sate ayam lagi.

Sop ayam plus otak-otak

Sate ayam

Sebelum pulang, saya sempatkan minum sarabba susu ditemani pisang goreng. Sarabba ini terbuat dari jahe, sebenarnya banyak dijual juga di Jakarta, tapi rasanya beda tentu saja.

Sarabba susu dan pisang goreng

Ya… demikianlah sedikit oleh-oleh dari Makassar. Terakhir, berikut ini sedikit foto bandara Sultan Hasanuddin yang megah…

Salah satu lorong bandara

Jembatan udara "Garbarata" produksi Bukaka

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Jalan Jalan and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to Jalan-Jalan Makassar

  1. usaha sukses says:

    Wah asyik bisa jalan-jalan ya?
    aku terakhir kesana 2005, jadi pengen ke Makasar lagi nih.

  2. Mama Rani says:

    di rumah makan kayangan ya? sudah pernah ke rm.lae lae? klo saya lebih suka disitu..🙂
    ikannya segar2, enak pula.. *eh,emangnyadirmkayanganndak?*

  3. deh..ini mi ini..
    ke Makassar tapi ndak lapor2 sama pak RT😛

    hihihihih
    jadi, kapan ke Makassar lagi ?

    • kirman says:

      Saya sebenarnya sudah merencanakan kontak Daeng Ipul waktu hari Jumat, tapi masih ada lagi acara sampai malam. Sabtu dah balik Jakarta lagi… hehehe. *ngeles mode on

  4. erwin says:

    Waduhh.. Asyik amat ya jalan2 sambil kuliner di kampung sendiri. Andai aku di Makassar pasti join di acara Joint Convention itu.. Pasti banyak hal yang menarik.. Salam

  5. Kirman says:

    Lumayan Daeng, sambil pulang kampung. Ramai acaranya, pesertanya seribuan orang…

  6. Asop says:

    Saya mau ke pantai Losariiii!😥

Leave a Reply

