Dirgahayu Republik Indonesia ke-66


HUT kemerdekaan RI ke-66 kurang sehari lagi. Persiapan perayaannya sudah terlihat di mana-mana. Meskipun bertepatan dengan puasa, namun semua tetap menyambutnya dengan antusias. Di lingkungan rumah saya sudah berdiri umbul-umbul dan bendera merah putih, begitu juga di tempat lain. Di kantor sudah dibagikan seragam kaos dan topi untuk upacara, meskipun nampaknya saya tidak akan ikut upacara.

Lho… Kenapa?

Mungkin sudah bosan upacara. Dari SD sampai SMU, bahkan saat kuliah. Malah pernah upacara 17 Agustus di atas geladak kapal Pelni yang berlayar dari Jakarta menuju Makassar.

Berarti sekarang sudah tidak menghargai jasa pahlawan ya? Sudah tidak mencintai negeri ini ya?
Lho…, penghargaan terhadap jasa pahlawan dan cinta tanah air jangan hanya diukur dari rajin ikut upacara dong.

Lantas???

Ya melalui tindakan nyata dong. Saya bayar pajak, mulai pajak penghasilan, rumah, kendaraan bermotor, dll. Saya tidak menggelapkan pajak, apalagi ngemplang pajak.

Saya tiap hari ke kantor naik KRL dengan membeli karcis, tidak pernah naik ke atap kereta, tidak mencorat-coret kereta, tidak buang sampah sembarangan di stasiun, dll. Meskipun kadang mau berang dengan kualitas layanan KAI.

Saya selalu membeli produk dalam negeri. Memang mampu beli produk luar? Gak mampu sih… Tapi, kalau mampu pun saya tetap beli produk dalam negeri.

Coba bandingkan apa yang saya lakukan dengan sebagian orang yang rajin upacara… Stop, sudah imsak.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in RupaRupa and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

