Menjadi Umat Islam Lebih Dari Adanya


Sebenarnya judul di atas bukanlah judul tausiyah ramadhan hari ini di Bakrie Tower. Tapi, salah satu bahasannya adalah judul tersebut. Tausiyah dibawakan oleh Ustadz Reza M. Syarif. Berikut intisarinya yang saya tulis ulang dengan kalimat saya sendiri.

Menurut beliau, ada empat tipe umat islam Indonesia, umat Islam seadanya, umat Islam ada-ada saja, umat Islam mengada-ada, dan umat Islam lebih dari adanya. Nah, tipe yang keempat inilah yang ideal atau yang unggul. Ada tiga cirinya jika seorang umat Islam masuk dalam kategori ini.

Yang pertama, memiliki pribadi yang mengesankan. Penampilan memang bukan segalanya, namun itulah yang menjadi kesan pertama seseorang. Makanya, sangat penting untuk memperhatikan penampilan kita agar sesuai dengan waktu, situasi, dan tempat dimana kita berada. Orang lain bisa menjadi merasa dihargai hanya dengan melihat penampilan kita, begitu pula sebaliknya.

Yang kedua, bertutur kata yang santun, berperilaku sopan, dan murah senyum. Santun dalam artian setiap kalimat yang diucapkannya sudah disaring dan ditimbang agar tidak menyinggung atau melukai perasaan orang lain. Sopan dalam artian menghormati yang lebih tua dan menghargai yang muda.

Beliau mencontohkan kejadian tabrakan yang disaksikannya di Spanyol, kedua pemilik mobil hanya saling menanyakan apakah memiliki asuransi. Karena dua-duanya  memiliki asuransi, maka selesai persoalan. Akan berbeda jika tabrakan ini terjadi di Indonesia. Mungkin segala macam sumpah serapah akan beterbangan. Bahkan mungkin hingga baku hantam. Padahal, Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Yang ketiga, memiliki prestasi yang unggul. Prestasi yang unggul dapat dibuktikan dengan kinerja yang baik, bukan hanya pandai berandai-andai saja. Tapi, lebih utama membuatnya menjadi kenyataan.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Puasa Ramadhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s