Kembali ke Laptop


Setelah sekian lama terabaikan, kini saatnya untuk kembali ke laptop. Setelah menetapkan program penurunan berat badan sebagai resolusi tahun baru 2011, yang terabaikan selama beberapa bulan terakhir ini. Kini saatnya untuk kembali ke jalan yang benar🙂. Betapa tidak, setelah lima bulan berlalu berat saya masih 95 kg, persis sama ketika tahun baru ini. Padahal target saya menurunkan sekitar 15 kg di tahun ini. Mungkinkah masih bisa tercapai?

Mungkin agak berat, makanya saya melakukan revisi agar lebih realistis yaitu penurunan 10 kg hingga Desember 2011. Disamping itu, ada hal lain yang luput dari perhatian saya, yaitu lingkar perut. Menurut banyak literatur yang saya baca di internet, lingkar perut normal bagi pria Asia <90 cm. Lebih dari itu, maka resiko terhadap berbagai macam penyakit jadi meningkat. Karena lemak yang ditimbun di perut akan mempengaruhi organ-organ yang ada di rongga perut, seperti pankreas, ginjal, hati, lambung, bahkan jantung.

Dengan begitu, lingkar perut lebih dari 90 cm berpotensi besar mengalami gangguan ginjal, diabetes, jantung,tekanan darah tinggi, dll. Ngeri kan? Dan tadi pagi saya ukur lingkar perut saya, rupanya angkanya begitu fantastis. Saya tidak menyangka segede itu. Perasaan saya sih masih di bawah 90 cm. Namun, meteran berkata lain dan menunjuk angka 108 cm.

Syok… terkesima… dan tidak percaya… Jangan-jangan saya sedang menimbun penyakit😦. Makanya harus konsisten mulai sekarang. Jika motivasi tentang enaknya berbadan kurus kurang bisa membuat saya konsisten, mudah-mudahan motivasi tentang menakutkannya penyakit dibalik kegemukan bisa membuat saya konsisten.

Sebagai patokan awal :
10 Mei 2011, berat badan 95 kg dan lingkar perut 108 cm.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in My Weight Loss Program and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Kembali ke Laptop

  1. Pingback: Jalan di Tempat | .: Kirman Syam :.

Leave a Reply

