Membuat Toko Online


Perkembangan internet yang luar biasa pesat dan banyaknya toko-toko online bermunculan membuat saya ingin mencoba juga. Lumayan kan jika ternyata bisa menghasilkan uang tambahan… hehehe. Apalagi sekarang banyak CMS yang bisa dipakai secara gratis untuk membuat toko online. Misalnya Zencart, Prestashop, bahkan WordPress (pakai plugin).

Di awal membuat toko online, saya pakai Zencart karena Prestashop-nya gagal terus teristall. Zencart ini cukup mudah instalasinya, bisa langsung dari cPanel dengan menggunakan Fantastico. Namun, karena tampilannya yang tidak menarik akhirnya saya memutuskan ganti yang lain.

Percobaan selanjutnya pakai WordPress, untuk memanfaatkannya memerlukan plugin yang namanya WP e-commerce. Instalasinya cukup mudah, setelah install WordPress-nya melalui fantastico, terus login ke admin wp kita. Masuk ke tab plugin, dan add new. Tinggal ketik saja WP e-commerce di kolom pencarian, begitu ketemu tinggal install.

Namun yang ribet kemudian adalah pengaturannya. Ada beberapa pengaturan malah tidak jalan, seperti ganti dolar jadi rupiah. Meski sudah saya ganti, yang tampil masih aja dolar. Mungkin saya yang salah ngatur kali…🙂 Akhirnya, saya putuskan untuk ganti CMS lagi.

Prestashop kembali saya lirik. Secara tampilan dan fitur, sebenarnya prestashop ini paling mumpuni dibanding dua yang tadi. Cuma terbentur masalah instalasi, karena tidak disediakan di Fantastico, jadi tidak bisa install otomatis. Akhirnya googling lagi, cari tutorial instalasinya. Untungnya ketemu.

Untuk nginstal Prestashop, harus download dulu installernya di sini. Setelah itu upload ke home direktori website kita. Habis itu ikuti petunjuk instalasinya. Themes gratis prestashop ini juga terbilang banyak, namun karena space hosting saya kecil akhirnya masih pakai yang standar. Itupun sudah lumayan kalau menurut saya. Hasil utak-atik saya bisa dilihat di sini.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Interest and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Membuat Toko Online

  1. ari says:

    wow bener juga tuh…toko online lagi marak sekarang…di tunggu kunjungan baliknya.

Leave a Reply

