Membangun dan Mempertahankan Disiplin Diri


Tulisan ini saya buat setelah membaca artikel di tabloid Genie dengan judul yang sama oleh Gabriel. Disiplin bagi saya gampang-gampang susah, karena kadang sudah diniatkan dengan amat sangat untuk melakukan sesuatu ternyata kenyataannya masih berbeda. Padahal menurut banyak tulisan, disiplin merupakan salah satu ciri orang sukses.

Disiplin diri adalah kemampuan mengambil tindakan tanpa kontaminasi emosi. Dalam disiplin diri ada lima elemen penting. Kelima elemen ini lalu disebut dengan five pillars of self-discipline.

Pilar pertama adalah acceptance. Inilah pilar pertama disiplin diri. Anda mesti bisa menerima apapun yang terjadi pada saat ini dengan tepat dan penuh kesadaran. Kesalahan dan kegagalan terbesar orang adalah ketidakmampuan mereka menerima situasi yang sedang terjadi. Kalau anda mau sukses, berhentilah memukul diri, berhentilah memperkarakan kesalahan sendiri. Sadari dan terima kenyataan diri yang ada.

Pilar kedua adalahwillpower. Willpower adalah kemampuan mengambil keputusan dan menegaskan tindakan. Kalau anda punya kemampuan ini,  berarti anda tak punya rasa takut dan kebimbangan. Ada kehendak yang kuat untuk bertindak, maju, menentukan langkah. Sederhananya, willpower itu sebuah konsentrasi kekuatan, pemusatan energi untuk menghadapi sesuatu.

Pilar ketiga adalah hard work. Oprah Winfrey pernah bilang “the big secret in life is that there is no big secret. Whatever your goal, you can get there if you’re willing to work“. Jadi, rahasianya hanya satu, kerja keras. Anda akan bahagia akan hasil kerja keras anda.

Pilar keempat adalah industry. Pilar ini berdekatan dengan pilar sebelumnya, bahkan saling bergandengan. Bekerja keras saja belum cukup. Yang anda perlukan sebenarnya adalah melihat dan memperlakukan apapun sesuai dengan waktunya, porsinya, tempatnya, dan kepentingannya.

Pilar kelima adalah persistence. Elemen ini salah satu elemen penting. Ketekunan menjadi penting karena berbicara tentang nilai di masa yang akan datang. Kalau anda tidak ingin gagal di hari esok, anda harus tekun.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Self Improvement and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Membangun dan Mempertahankan Disiplin Diri

  1. toeti says:

    setuju daeng, disiplin mudah diucapkan, tapi pelaksanaannya perlu kesadaran, kemauan kuat dan ketekunan.

  2. Yan Wijaya says:

    Assalamu’alaikum,
    Kirman, apa kabar?
    wah lama tak bertemu, sekarang sudah buat website segala.
    Emang lulusan Elnusa OK2 punya.
    ada lowongan nggak, hee..
    Setuju,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s