Trip to the Field


Setelah empat hari terdampar di hotel, karena tak ada pesawat, akhirnya berangkat juga kami ke lapangan. Dari Sana’a kami terbang menuju Al Qaida, kota terdekat dari lapangan perusahaan saya. Jadwal pesawat ke sana hanya sekali seminggu, itupun kadang dibatalkan. Sementara kalau dari kota lain ke lapangan waktu tempuhnya terlalu lama, misalnya dari Mukalla ke lapangan memakan waktu 11 jam, dari Seyyun sekitar 7 jam. Sedangkan dari Al Qaida cuma 4 jam offroad. Sana’a ke Al Qaida akan ditempuh selama 2 jam, pesawat akan transit di Mukalla.

Sanaa - Al Qaida

Akhirnya, tiba juga di Al Qaida, bandaranya sangat sederhana. Hanya ada dua ruangan, kedatangan dan keberangkatan yang isinya cuma kursi. Setelah didata secara manual oleh petugas bandara dengan memperlihatkan passport, kami menuju lapangan. Kami sudah dijemput oleh kontraktor dengan 3 toyota Landcruiser didampingi 3 orang tentara.

Al Qaida - Camp

Hanya beberapa menit saja melewati jalan beraspal, sisanya offroad di tengah gurun pasir. Sempat juga deg-degan soalnya sopirnya beberapa kali harus berhenti, turun dari mobil, mengamati gunung-gunung pasir, berdebat dengan sopir lain, trus jalan lagi. “Jangan-jangan nyasar”, pikir saya. Ditambah lagi cerita tim terdahulu yang katanya nyasar hingga hampir gelap di gurun, trus dikejar pakai vitara sama penduduk lokal sambil menenteng AK47.

Pecah Ban

Sekitar 4 jam naik mobil, salah satu mobil mengalami pecah ban. Jadilah semuanya harus berhenti membantu, mana panas lagi. Setelah semuanya beres kami melanjutkan perjalanan. Sekitar sejam berikutnya kami sudah tiba di camp lapangan disambut oleh kontraktor yang semuanya dari China, sedangkan crewnya memakai orang lokal ditambah dari Pakistan, Somalia, dan negara Afrika lainnya untuk tenaga yang berpengalaman.

The Camp

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Desert Operation. Bookmark the permalink.

2 Responses to Trip to the Field

  1. Hery Prastowo says:

    Mas Kirman .. asik nih ceritanya … sekarang apa masih di Yemen ? aku dulu juga di GSC hampir 10 tahun .. Seismo terus kadang2 jadi pengganti PC … sekarang udah kabur ke Medco E&P .. he he .. salam kenal ya .. boleh email nggak ? bisa ngobrol2 gitu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s