3 in 1, Joki, dan Penebeng Sejati


Peraturan 3 in 1 yang berlaku di beberapa ruas jalan protokol Jakarta seperti Sudirman dan Gatot Subroto pada jam-jam tertentu memang sangat membantu mengatasi keruwetan lalu lintas. Paling tidak, penumpukan kendaraan pribadi pada jam-jam sibuk dapat sedikit teratasi. Tapi, kok cuma sedikit??? Lah iyalah, wong joki 3 in 1 juga bertebaran di mana-mana. Hanya dengan membayar uang jasa sebesar 10rb – 15rb rupiah jadilah mobil-mobil pribadi itu dapat melenggang masuk ke jalur.

Apakah para joki ini tak pernah ditertibkan??? Pernah sih, kadang-kadang satpol PP melakukan penertiban. Bahkan pernah ada Ibu-ibu yang sampai digunduli, hingga melapor ke Komnas HAM. Namun kerasnya kehidupan di Jakarta dan susahnya mencari pekerjaan di ibukota ini tetap saja membuat joki-joki 3 in 1 ini tetap ada. Tidak peduli resiko bakal dirasia yang penting bisa dapat uang buat makan.

Gara-gara 3 in 1 pula saya kadang jadi rebutan di kantor kalau jam pulang. Malah kadang-kadang saya berlagak jual mahal dikit. Meskipun tidak dibayar, tapi lumayanlah nebeng setengah jalan. Daripada harus berdesak-desakan ria, menahan panas, rasa jengkel, dll menembus macetnya Rasuna – Mampang. Maka jadilah saya penebeng sejati setiap jam pulang kantor.

Pernah suatu hari saya merasa bersalah ketika melihat seorang ibu sambil menggendong anak masih saja mengacung-acungkan jarinya di jalur menuju 3 in 1. Padahal, waktu 3 in 1 sudah hampir selesai si Ibu belum juga mendapat pelanggan, mungkin kalah gesit sama yang muda. Padahal, kalau saja saya tidak nebeng malam itu, mungkin si Ibu akan naik mobil yang saya nebengi dan mendapatkan 10rb buat makan.

Keesokan harinya saya memutuskan pulang naik Kopaja aja, macet-macet dah. Dan memang macetlah…… Sampai di kosan tenggorokan kering, keringat mengucur deras, dan kepala rasanya mau pecah. Akhirnya, saya putuskan besoknya nebeng aja lagi. Memang susah hidup di Jakarta…… bagi yang tak punya duit……….

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in RupaRupa. Bookmark the permalink.

8 Responses to 3 in 1, Joki, dan Penebeng Sejati

  1. rusle says:

    daeng kirman
    tulisan feature yg mantap sekali…kenapa ndak dikirim ke panyingkul supaya bisa share dgn yang lain…?

  2. Kirman says:

    Tengkyu sarannya… boleh juga….

  3. amril says:

    Bung Kirman,

    Salam kenal. Thanks udah mampir di blog saya. Wah..sama dong dengan saya yg bekerja sebagai “kuli minyak”..hehehe.
    Dimana kantor ta’? Bisa tong itu kita kopdar sesama blogger Makassar di Jakarta.

  4. deen says:

    wah, ternyata di sini juga ada ana blogger mks yg ngerasain betapa kejamnya ibu tiri, eh ibu kota ding…
    Stuju ma daeng Amril, skali2 bisaki’ inie..kopdaran..🙂

  5. kirman says:

    Wah usul yang sangat menarik… kapan nih bagusnya?

  6. yaya says:

    kopdaran yuuuk, hihihi…

    Aku termasuk yang pernah ambil joki niiih…

    Btw, vote yaa entryku di blogfam
    http://blogfam.com/forum/viewtopic.php?p=171195#171195 no.10🙂

  7. yaya says:

    Iya ini linknya yang bener..
    no.10 yaaa🙂
    http://blogfam.com/forum/viewtopic.php?t=10485

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s