Kemana Semangat Tolong Menolong Kita…???


Beberapa hari yang lalu – seperti biasanya – saya naik bis kota menuju kantor di Jalan Rasuna Said. Dari kosan di Cipulir saya naik metro mini 69 menuju Blok M, trus dilanjutkan dengan naik kopaja 66 arah Manggarai.

Dari Blok M perjalanan lumayanlah, padat merangkak. Sampai akhirnya bis yang saya tumpangi terjebak macet di depan Balai Kartini di Gatot Subroto, sebelum lampu merah belokan ke Rasuna. Yang lebih parah bisnya mati pula mesinnya, mana padat lagi. Maklum, rush hour time, hampir jam 8.

Ternyata, bisnya butuh didorong. Saya dan seorang penumpang berinisiatif turun membantu kernet. Tapi, setelah ditunggu-tunggu ternyata tidak ada penumpang lain yang turun lagi, padahal penumpang laki-laki banyak juga saat itu. Akhirnya, kami bertiga mencoba mendorong bis itu sekuat tenaga, hasilnya tak bergerak sedikitpun.

Kemacetan tambah parah, klakson bergema dimana-mana karena bis yang saya tumpangi tak juga bergerak. Akhirnya Pak Sopir teriak “Pak, tolong dibantu dorong” katanya pada penumpang yang masih di bis. Hasilnya, beberapa penumpang turun, tapi bukannya membantu malah pindah ke bis lain. Luar biasa.

Suasana makin panas, maklum sudah jam 8 lewat. Si kernet mencoba minto tolong pada beberapa tukang ojek yang lagi parkir di dekat situ. “Pak, tolong dibantu dorong”, katanya. “Suruh naik ojek aja!!!”, teriak tukang ojeknya cuek. Sekali lagi luar biasa.

Akhirnya, ada juga penumpang yang tergerak membantu dan bisnya berhasil didorong. Beberapa kejap mata kemudian bisnya berhasil hidup lagi, kamipun naik lagi melanjutkan sisa perjalanan. Sungguh kejadian yang membuat saya bertanya-tanya, segitu susahkah mengulurkan bantuan pada orang lain yang membutuhkan??? Kemana semangat kekeluargaan, gotong royong, dan tolong-menolong yang bangsa kita miliki??? Atau itu hanya sebatas pelajaran PMP atau PPKN belaka??? Entahlah………

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in RupaRupa. Bookmark the permalink.

One Response to Kemana Semangat Tolong Menolong Kita…???

  1. Phiank says:

    dear ikus,
    mudah-mudahan kita semua (orang kampung yang datang ke jakarta) tidak terkena virus jakarta seperti yang kau ceritakan. hidup dan jayalah orang kampung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s