Villa Yuliana


Villa Yuliana

Villa Yuliana merupaka salah satu bangunan peninggalan Belanda di Kabupaten Soppeng, bangunan ini terletak di jantung kota Watansoppeng dibangun oleh C.A.KROESEN Tahun 1905 selaku Gubernur Pemerintahan Hindia Belanda di Sulawesi.

Konstruksi dan arsitektur bangunan ini merupakan perpaduan gaya Eropa dan gaya Bugis.

Villa Yuliana ini merupakan bangunan kembar, satu diantaranya ada di Nederland, pembangunan Villa ini merupakan wujud kecintaan terhadap Ratu Yuliana.

Villa Yuliana

(sumber: http://www.soppeng.go.id)

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Kampong Halaman. Bookmark the permalink.

12 Responses to Villa Yuliana

  1. Adink says:

    disebelah mana ini? ka Sy pernah tinggal di Soppeng, kurang lebih 1 tahunlah, tapi Sy nda pernah tau. O iyyo waktu itu Sy berumur 1 tahun back to 1979~1980😀

  2. kirman says:

    Ini di belakangnya rumah jabatan bupati, dari lapangan Gasis kelihatan kok. Atau mungkin karena dulu masih kecil…

  3. Arman says:

    ini villa yuliana yang na bilang orang berhantu itu kan, ihhhhhhhhhhhh sereeeeeeeeeeeeeeeeeeem

  4. altre says:

    kok terbengkalai gitu…..

  5. ENY BZ says:

    keren ya . . . aku juga suku bugis soppeng asli lho . . . tapi tidak tinggal di soppeng, sesekali aku ke sana tapi ga sering. aku pernah denger tuh cerita nya dari kakek,tapi tidak lengkap. katanya ada kembarannya di holland sono . . .aku mau tau lebih lanjut nih . . . bisa kirimin ke email aku nggak om ?

  6. Asrul says:

    villa yuliana??? waktu SMU aq pernah kost didekat villa. tapi ga ada tuh yang aneh2, biasa aja. hantunya udah lama pindah kali dikembarannya tu bangunan diHolland sana…. Peace !

  7. Ayyu says:

    Kayak kenal………..
    Mannntaaaap tulisanx bro, wlo cuma ngopi……..
    hehheeheee

  8. Dody says:

    Saya juga orang soppenk asli, rumah saya di Jl. Lompo belakang SMP 2, tapi sekarang saya tinggal di kolaka, waktu kecil dulu saya sering main petak umpet di villa yuliana, sape2 mecahin perabotan di villa yuliana (tidak sengaja) Hehehe.

  9. ruslan says:

    dlu sampai skrg saya tinggal di soppeng.ternyata saya belum tahu tentang cerita villa yuliana di kota ini dan ternyata itu benar !!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

