Soppeng Kota Kalong


Kalong

Keberadaan kalong (bugis=panning)di jantung Kota Watansoppeng, semakin menambah pesona kota ini, karena itu kota Watansoppeng dijuluki sebagai kota kalong. Uniknya kalong ini hanya mau berdiam dan bergelantungan di pepohonan di kota Watansoppeng.

Menjelang matahari tenggelam diufuk barat, kalong ini beterbangan mencari makanan dan menjelang matahari terbit seiring dengan gema suara azan subuh, kalong ini kembali ke tempatnya dengan suara yang khas dan berisik seakan membangunkan masyarakat kota Watansoppeng untuk memulai aktifitasnya. (dari http://www.soppeng.go.id)

Bahkan, keberadaan kalong ini mempunyai mitos sendiri bagi masyarakat Soppeng. Jika kalong ini mendadak meninggalkan kota Soppeng, masyarakat yakin akan ada bencana yang menimpa. Atau, bagi warga pendatang yang ingin menikah dengan gadis Soppeng harus pernah kena kotoran kalong dulu.

Kalong

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Kampong Halaman. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s