Manusia Bugis


Manusia Bugis

Buku ini ditulis oleh Christian Pelras, ia lahir pada tanggal 17 Agustus 1934. Awalnya belajar sastra klasik, lalu beralih ke ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan, dan meraih gelar Doktor Antropologi di Universitas Paris (Sorbonne). Tahun 1960-1961, ia menerima beasiswa dari Indonesia, belajar di Universitas Indonesia, dan menagadakan riset di Jawa-Bali.

Pada tahun 1979-1980, ia menjabat tenaga ahli utama di Pusat Latuhan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial di Ujung Pandang. Sejak empat dasawarsa terakhir, Pelras terus mengkaji berbagai aspek kemasyarakatan, sejarah, dan kebudayaan Bugis.

Buku ini aslinya ditulis dalam Bahasa Inggris “The Bugis” yang kemudian diterjemahkan oleh dua orang lulusan dari Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Unhas.

Banyak hal yang dibahas dalam buku ini, mulai dari asal-usul orang Bugis hingga ke keadaan orang bugis masa kini. Mulai dari sejarah, ekonomi, agama, hingga kebudayaan kontemporer orang-orang bugis.

Dalam buku ini dituliskan bahwa nenek moyang orang Sulawesi Selatan datang melalui laut dari pulau lain yang mungkin berlangsung melalui serangkaian perpindahan penduduk. Anggapannya, lokasi pertama yang ditempati para pendatang adalah di sekitar muara Sungai Saddang, maka kemungkinan besar asalnya dari Kalimantan Timur, yakni sekitar Kutei-Samarinda, atau dari bagian tenggara Kalimantan yaitu sekitar Pegatan-Pulau Laut.

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Interest. Bookmark the permalink.

4 Responses to Manusia Bugis

  1. pia says:

    ku ikutQ kak, waktu acara presentasi ato bedah bukunya di LT dekat rektorat, lupama, pokokx waktu masih berkeliaranka’ dkampus.manusia bugis, kaya’x ada juga buku judulx manusia jawa. bgemana, karna saya orang muna (pulau di sulawesi tenggara), mo kubikin nanti buku juga judulx Manusia Muna (The Munanish), he..he..lumayan, tp kya’ penelitian bikin buku ky’ ini lama di..n lebih obkektif klo org luar y buat.

  2. maink says:

    assalam..kalo bole saya tau dimana saudara dapatkan ini buku?

  3. maink says:

    saya teringin sangat mahu miliki buku ini..ini saya tinggalkan nombor telefon 0148535722.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s