Manfaat Gula Aren


Gula Aren

Para pembaca pasti sudah kenal yang namanya gula aren. Jika tidak… sungguh terlalu… kata Bung Rhoma. Gula aren terbuat nira dengan berbagai keunggulan dan manfaat.

Kalori yang terkandung di dalam gula aren lebih kecil dibandingkan dengan gula putih. Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35 sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Sehingga, proses larutnya ke dalam cairan tubuh berlangsung dalam tempo yang lama (perlahan-lahan). Karena itu, gula aren mampu memberikan energi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Dah pada tahu yang dimaksud indeks glikemik juga bukan? Jika belum… Indeks glikemik (GI) adalah skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya, skala yang digunakan adalah 0-100. Indeks glikemik disebut rendah jika berada di skala kurang dari 50, indeks glikemik sedang jika nilainya 50-70 dan indeks glikemik tinggi jika angkanya di atas 70.

Oleh karena itu, gula aren aman untuk diabetes. Juga bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terkena diabetes, karena tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan. Selain itu dalam proses pembuatannya, gula aren umumya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh. Serta tidak membutuhkan proses penyulingan yang berkali-kali atau menggunakan tambahan bahan untuk memurnikannya.

Selain kandungan gulanya yang lebih sedikit, gula aren juga diketahui mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat seperti thiamine, riboflavin, asam askorbat, protein dan juga vitamin C. Jika ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat, tak ada salahnya mulai mengganti gula pasir dengan gula aren jika ingin mengonsumsi kopi, teh atau dicampurkan dalam makanan.

Jeff Gunnent, dalam bukunya Perma Culture Plants (2004), salah satu unsur pada gula aren berfungsi mengontrol dan membersihkan saluran pencernaan, mulai dari lambung dan tenggorokan. Gula aren sendiri mengandung riboflavin yang melancarkan metabolisme dan mengoptimakan fungsi sel sehingga stamina tetap prima. Meski demikian, berolahraga dan mengurangi rokok juga perlu di lakukan.

Jadi, tidak ada ruginya mengganti konsumsi gula putih atau gula pasir Anda dengan gula aren. Cara mendapatkannya juga mudah dan tentu saja tidak perlu repot untuk menggerus segala. Karena sudah tersedia gula aren dalam bentuk bubuk atau gula aren semut. Tinggal campurkan ke kopi atau teh, aduk dan nikmati. Produknya bisa dilihat di www.gulaaren.net. Selamat mencoba… :)

About these ads

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Manfaat Gula Aren

  1. obat herbal says:

    info menarik kang,izin kopas sedikit ya buat pelengkap bahan artikel blog saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s