Cakkaruddu Atinrono


Judul di atas bukan anjuran untuk tidur jika mengantuk (bahasa Bugis) bagi pembaca, melainkan sebuah lagu bugis klasik yang biasa dinyanyikan untuk meninabobokkan bayi. Judul di ataspun boleh jadi bukanlah judul yang sebenarnya, namun ketika saya tanyakan ke ibu saya yang waktu itu mendendangkannya sambil mengayun cucunya (putri saya), ia cuma menggeleng.

Lagu itu turun-temurun ia nyanyikan mulai dari menidurkan anak-anaknya (saya dan adik-adik), hingga cucunya. Ibu saya memang tergolong masih banyak melestarikan budaya leluhur. Saya sendiri sudah lama tidak pernah mendengarnya. Anak-anak jaman sekarang lebih banyak mendengar lagu-lagu Nidji, Peterpan, bahkan Trio Macan menjelang tidur.

Berikut petikan lagunya,

Cakkaruddu atinrono 2x
Matinro tudang ammo
Allae nasala nippimmu

Nippi magi mumalewe 2x
Rewe’go makkawaru
Allae todongiko peddi

Peddi tegani mutaro 2x
Sarae ri atimmu
Allae aja mumadoko

Madoko-doko memanni 2x
Tau riwelaimmu
Allae makkale rojong-rojong

About Kirman

Seorang Geophysicist dan Blogger. Jika tidak sedang menghabiskan waktu luang dengan Fika dan Rayyan, Ia suka menulis di KirmanSyam.com dan MasterPresentasi.com.
This entry was posted in Kampong Halaman and tagged . Bookmark the permalink.

35 Responses to Cakkaruddu Atinrono

  1. pia says:

    asslm..ndak ngerti artina..bisa tulung ditransletkan dulu, :)

  2. lsyafie says:

    ada mp3 nya itu lagu?? bagi2 dl

    • kirman says:

      Tak ada bela. Itu lirik juga hasil penelusuran saya sama Ibu. Saya saja kalau lagu kenangan ini lenyap ditelan zaman.

      • denos says:

        klo emang lagunya bagus pasti ga hilang……walau sya suku toraja tapi sumpa sy suka banget lagu ini……

  3. andi udin says:

    download lagux dmn ya….kngen ma lgu ini

  4. awal_garetta says:

    bisa d download gak lagunya,, klo bisa share linkx dong,, ok cappooo

  5. Idris says:

    Oke banget lagunya. Jadi ingat mami n oma jadinya

  6. agus says:

    kok liriknya kurang lengkap,lengkapi lagi donk…

  7. agus says:

    sya punya ladunya tpi lgi nyari liriknya….

  8. agus says:

    maksudnya saya punya lagunya…
    tpi saya mau liriknya juga…
    kalo ad yg punya bagi2 donk..

  9. qalam says:

    uplod dulu ee yang punya lagu …
    saya dulu ada CD … tapi huilangmi

  10. taufik says:

    ada di youtube judulx yabe lale

  11. denos says:

    sya suku toraja……tapi suka banget dengan lagu ini…..walu g tau artinya

  12. Agus Rahman Toga says:

    Nina bobo
    Matinro no
    Kalau tidak bobo
    Nanti di gigit nyamuk
    Heheee….!

  13. uchy says:

    denos on sdh di add di wechat tp tdk ktemu.. Mau minta lagu.y (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

  14. Nurman says:

    Download lagux di http://www.index-of-mp3s.com. search lagu ketik yabe lale

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s